Doa dan Amalan yang Bisa Dilakukan Muslim saat Hujan Turun

- Rabu, 17 November 2021 | 14:03 WIB
Ilustrasi hujan (Pixabay)
Ilustrasi hujan (Pixabay)



AYOINDONESIA.COM- Saat musim penghujan, terkadang tanpa disadari kita sering mengeluhkan turunnya air hujan yang mungkin terjadi hampir tiap hari.

Padahal sebagai orang beriman, tidak dianjurkan mengeluh saat hujan tiba. Sebab hujan itu adalah anugerah dan rahmad dari Allah SWT. Sehingga sudah selayaknya kita syukuri.

Hujan akan menyuburkan tanaman, tanah yang kering menjadi basah, sumber air melimpah, dan mengurangi polusi dari debu, dan masih banyak lagi.


Bagi muslim, ada banyak amalan yang bisa dilakukan saat hujan tiba. Berikut adalah amalan yang bisa kita lakukan saat turun hujan yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Merasa takut akan datangnya azab dan kemurkaan Allah SWT.

2. Bersyukur


Baca Juga: Bacaan Dzikir Pagi dan Petang Agar Terbebas dari 99 Jenis Kesulitan dan Kesusahan Hidup

Bersyukur dan memanjatkan doa seperti yang diriwayatkan oleh Aisyah RA, Nabi Muhamad SAW saat melihat hujan turun. Doa yang dipanjatkan saat hujan tiba termasuk doa yang mustajab (mudah terkabul).

Rasulullah SAW ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan 'Allahumma shoyyiban naafi'an"
Artinya: Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat.

Selain itu, Ibnu Qudamah dalam Al-Mughni menjelaskan, Nabi SAW bersabda: "Carilah doa yang mustajab pada tiga keadaan, yakni pada saat bertemunya dua pasukan, menjelang salat dilaksanakan, dan saat hujan turun."

Baca Juga: Bacaan Doa untuk Cepat Melunasi Hutang, Lengkapi dengan Amalan Memperlancar Rezeki

3. Mengambil Berkah Hujan

Rasulullah SAW mengambil berkah saat turunnya hujan. Hal ini dilakukan dengan menyingkap baju hingga dibasahi air hujan.

Anas bin Malik RA berkata, "Kami pernah kehujanan bersama Rasulullah saw. Lalu Rasulullah menyingkap bajunya sampai tersiram hujan. Kemudian kami mengatakan, "Wahai Rasulullah, mengapa engkau melakukan demikian?"

Kemudian Rasulullah SAW bersabda, "Karena hujan ini baru saja Allah ciptakan."

Arti dari hadist tersebut menurut an-Nawawi ialah hujan adalah rahmat yang diciptakan oleh Allah SWT maka Nabi mengambil berkah dari hujan tersebut.

4. Berwudhu dengan Air Hujan

Air hujan termasuk suci, sehingga dapat dipakai untuk berwudhu dan membersihkan najis. Berdasarkan hadis yang diriwayatkan Imam al-Baihaqi, Rasulullah SAW berkata:

"Ukhrujuu bina hadza-ladzi ja’alahullahu thuhuran fanatathaharu wa nahmadullaha alaihi."
Artinya: Keluarlah kalian (para sahabat) bersama kami menuju air ini (air hujan) yang telah dijadikan oleh Allah sebagai alat untuk bersuci. Kemudian kami bersuci dengan air ini dan memuji Allah atas nikmat yang diberi.

Pendapat ulama kalau berwudhu dengan air hujan sebaiknya menggunakan air yang langsung jatuh dari langit. Air hujan yang jatuh dan sempat tertampung di atas atap rumah ada kemungkinan kotor dan tidak bersih.

5. Tidak Boleh Mencela Hujan

Mencela hujan adalah salah satu tindakan yang dilarang oleh Rasulullah SAW.
Berdasarkan Al Quran Surat Qaaf (50:18) "Tidak suatu ucapan pun yang diucapkan, melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir."

Adapula hadist Rasulullah mengatakan,"Jangan lah kamu mencaci maki angin." Artinya janganlah kamu mencaci maki makhluk yang tidak bisa berbuat apa-apa termasuk hujan.

Itulah amalan yang bisa dilakukan umat muslim memasuki musim penghujan.*

Editor: Asep Dadan Muhanda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Tips Memilih Meja Makan Minimalis Agar Terasa Nyaman

Selasa, 30 November 2021 | 18:36 WIB

DPRD Kota Cirebon Minta SPBU Sediakan APAR

Minggu, 28 November 2021 | 05:10 WIB

DPRD dan Pemda Kota Cirebon Setujui Raperda APBD 2022

Selasa, 23 November 2021 | 19:34 WIB
X