Bacaan Dzikir Pagi dan Petang Agar Terbebas dari 99 Jenis Kesulitan dan Kesusahan Hidup

- Selasa, 16 November 2021 | 13:39 WIB
Ilustrasi dzikir dan doa sesudah sholat tahajud.j (Rodnae Productions/pexels )
Ilustrasi dzikir dan doa sesudah sholat tahajud.j (Rodnae Productions/pexels )

 

AYOCIREBON.COM-- Bacaan dzikir yang harus diucapkan saat mengahdapi ebrbagai masalah kesulitan dan kesusahan hidup, cukup membaca ini.

Hidup di dunia ini adalah perjuangan dan tak bisa lepas dari ujian. Allah SWT akan menguji hambaNya sesuai dengan kemampuannya.

Manusia akan diuji baik yang sifatnya berat atau pun ringan. Untuk itu kita harus selalu bersandar pada pertolongan Allah dan selalu berusaha untuk selalu dekat kepadaNya.

Dalam bukunya Amalan Ringan Paling Menakjubkan, Syekh Ali Jabber menulis, bahwa Rasulullah SAW telah bersabda: Perbanyaklah dengan membaca laa haula wa laa quwwata illaa billaah, karena sesungguhnya dzikir ini mengatasi 99 macam kesusahan.

Artinya jika kita memiliki 99 masalah, kesusahan, urusan, laa haula wa laa quwwata illaa billaah ini masih lebih hebat dan dahsyat yang dapat mengatasi 99 masalah dan kesusahan itu.

Kesusahan yang sering dihadapi seperti sakit, kemiskinan, stress, masalah rumah tangga, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Tata Cara Sholat Dhuha 2 Rakaat, Bacaan Niat dan Doa Selepas Dhuha

Baca Juga: Mandi Junub Artinya Apa? Berikut Penjelasan dan Bacaan Niat Mandi Wajib Bagi Muslim

Dzikir ini dibaca setiap saat, dan penuh keyakinan, tak ada batas pagi, siang, sore sampai malam. Karena inti dari ucapan ini kita  tidak punya daya, dan tidak punya kekuatan untuk menyelesaikan permasalahan, kecuali dengan pertolongan Allah.

Apabila sedang dalam kesulitan hidup, maka hendaklah berdoa kepada Allah agar sabar dalam menghadapinya. Jika dilanda kesulitan maka ucapkanlah:

La ilaha illallah azhimul halim, la ilaha illallah rabbul arsyil azhim, la ilaha illallahu rabbus samawati wa rabbul ardhi wa rabbul arsyil karim”

Artinya:

Tiada Tuhan yang berhak di sembah kecuali Allah yang Maha Agung lagi lemah lembut, tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah pemilik Arsy yang agung, tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah Tuhan pemilik langit dan bumi daa pemilik Arsy yang mulia.

Menurut Syekh Ali, sebaik-baik orang, di mana pun posisinya, apa pun keadaannya, dia akan berupaya memberikan yang terbaik kepada Allah, dan yang terbaik kepada manusia.

Ini seperti sabda Rasulullah SAW:

Kalau sudah tiba hari kiamat, tapi masih ada bibit di tanganmu yang perlu di tanam, maka segera tanamkan!

Mengapa? Karena fungsi dari tanaman yang kita tanam itu agar berguna bagi orang lain, walaupun saat itu akan terjadi hari kiamat. Jadi Rasulullah mengajarkan kita untuk menjadi orang yang berguna bagi orang lain.

Dalam Islam, jika kita menyayangi binatang saja, kita akan dihargai oleh Islam. Lalu bagaimana kalau yang kita sayangi adalah manusia? Bagaimana jika yang kita sayangi adalah sesama Muslim? Begitu luar biasanya perhatian ajaran agama kita.

Seperti halnya doa ketika keluar rumah. Jika seseorang keluar rumah lalu mengucapkan:
“Bismillahi tawakkaltu ‘alallaah wa laa haula wa laa quwaata illaa billaah”

Maka dikatakan ketika itu: “Engkau akan diberi petunjuk, dicukupkan dan dijaga”. Setan pun akan menyingkir darinya. Setan yang lain akan mengatakan: Bagaimana mungkin engkau bisa mengganggu seseorang yang telah mendapatkan petunjuk, kecukupan dan penjagaan”. (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

Oleh karena itu, segala pekerjaan kita awali dengan bismillah, karena itu menjadi bukti tawakkal kita kepada Allah. Ikhtiar wajib, berusaha juga wajib. Untuk membuktikan tawakkal yang hakiki adalah dengan ucapan: laa haula walaa quwwata illaa billaah.

Segala ujian dan cobaan adalah ketentuan Allah. Percaya Allah SWT tidak akan pernah mengecewakan hambaNya, karena itu sesuai dengan janjiNya

Editor: Asep Dadan Muhanda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Tips Memilih Meja Makan Minimalis Agar Terasa Nyaman

Selasa, 30 November 2021 | 18:36 WIB

DPRD Kota Cirebon Minta SPBU Sediakan APAR

Minggu, 28 November 2021 | 05:10 WIB

DPRD dan Pemda Kota Cirebon Setujui Raperda APBD 2022

Selasa, 23 November 2021 | 19:34 WIB
X