14 Barang dan Benda Darurat yang Wajib Ada di Rumah, Bakal Diperlukan Saat Keadaan Darurat

- Sabtu, 13 November 2021 | 15:23 WIB
Ilustrasi P3K (Gambar oleh Here and now, unfortunately, ends my journey on Pixabay dari Pixabay )
Ilustrasi P3K (Gambar oleh Here and now, unfortunately, ends my journey on Pixabay dari Pixabay )
 
14 Barang Darurat yang Harus Ada Di Rumah
 
AYOCIREBON.COM - Ada beberapa barang yang wajib disediakan dirumah karena akan dibutuhkan dalam keadaan darurat, minimal dalam menghadapi bencana atau Keadaan tak terduga.
 
Sedikit persiapan bisa membedakan antara hidup dan mati selama bencana alam sedang berlangsung.
 
Berikut daftar 14 barang dan peralatan darurat yang mesti tersedia di rumah
 
1. Pengisi daya tanpa stopkontak (powerbank)
Powerbank (Gambar oleh Markus Winkler dari Pixabay )
 
Ponsel dan laptop akan tetap berfungsi saat listrik padam. “Internet bisa menjadi sangat kuat setelah suatu peristiwa, tetapi menjaga baterai tetap terisi adalah tugas kita,” kata Steven J. Jensen, anggota Dewan Penasihat Ilmiah Palang Merah Amerika dan penasihat manajemen darurat di California State University di Long Beach.
 
Memiliki baterai portabel atau generator kecil akan membuat kamu tetap terhubung dengan orang-orang terkasih dan dengan informasi terbaru. 
 
Indonesia sendiri memiliki nomor darurat yaitu 112 yang sudah diresmikan oleh kominfo. Lebih lanjut bisa dilihat dilaman layanan112.kominfo.go.id 
 
2. Radio Tanpa Kabel
Handy Talkie. (Istimewa)
 
Berkumpul mendengarkan radio mungkin terdengar kuno, tetapi ini bisa membantu dalam situasi darurat. 
 
“Ini memungkinkan anda untuk berhubungan dengan apa yang terjadi secara lokal,” kata Jensen. “Itu penting untuk dapat membuat keputusan yang baik tentang apa yang terjadi selanjutnya.” 
 
Kamu tidak akan melewatkan pesan penting yang mungkin bisa saja ada perintah untuk segera pergi dari rumahmu, atau tetap di dalam rumah.
Pastikan kamu memiliki radio bertenaga baterai atau radio jaman dahulu yang dapat bekerja saat listrik padam.
 
3. Obat-obatan
 
“Kadang-kadang, obat tersebar dengan sangat luas sekarang, namun kami hanya memiliki persediaan yang sangat kecil,” kata Jensen. 
“Dalam bencana, mungkin sulit untuk mengisi kembali persediaan itu.”
 
Bicaralah dengan dokter kamu tentang menulis resep yang terencana, sehingga kamu tidak perlu pergi ke apotik untuk sementara waktu.
 
4. Lentera
 
Senter untuk dibawa dan disimpan, tetapi sinarnya tidak akan menerangi ruangan selayaknya lampu. Selain senter bertenaga baterai, ambil lentera, yang dapat mencerahkan ruang lebih luas.
 
5. Baterai
 
Sedia 1 pak baterai ekstra tidak ada salahnya.
 
6. Makanan yang Tidak Mudah Rusak/Basi
 
 
Palang Merah merekomendasikan untuk menyediakan makanan selama dua minggu jika kamu tiba-tiba terjebak di rumah, atau cukup untuk bertahan tiga hari jika kamu mengungsi.
 
Kamu tidak hanya harus berpegang pada makanan kaleng. Jadilah kreatif dan tetap dengan makanan yang benar-benar ingin kamu makan. Siapa tahu selai kacang dan dendeng daging bisa membangkitkan semangat kamu dalam menghadapi krisis!
 
7. Makanan Hewan
 
Jangan lupakan teman berbulu kamu ketika kamu menyimpan makanan. Sediakan setidaknya dua minggu makanan kering agar hewan peliharaan kamu tetap sehat dan aman, tidak harus repot-repot membeli yang mahal. “Ini tidak harus menjadi standar tertinggi, tetapi jika kamu bisa menyimpan makanan yang akan membuat hewan peliharaan tetap sehat dan bersemangat, itu bagus,” kata Jensen.
 
8. Ekstra propana
 
Jika listrik atau gas di rumah tidak berfungsi, oven dan microwave bisa jadi tidak berfungsi juga. Tetapi itu tidak berarti kamu harus selalu mengkonsumsi makanan dingin. Siapkan propana ekstra agar kamu bisa menyalakan BBQ atau kompor portable. Biasanya propana tersedia di mini market/toko di sekitarmu.
 
9. Air
 
Sepertinya air adalah hal yang cuma-cuma, namun jika ada yang terjadi dengan sumur kamu, kamu harus memiliki cadangan. Praktisnya, pastikan kamu memiliki 1 galon/per orang, idealnya cukup untuk dua minggu. Jika kamu tidak ingin meninggalkan kendi berisi air sepanjang waktu, isi botol soda yang bersih dan kosong atau dispenser air besar saat bencana terjadi.
 
10. Uang Tunai
Ilustrasi Nominal BSU Kemnaker dan Tahapan Penyalurannya. (Flickr.com/llhabassy)
 
Jangan berasumsi kamu bisa mengandalkan plastik saat keadaan darurat. Pembaca kartu mungkin tidak berfungsi, dan ATM bisa kehabisan uang selama bencana alam, jadi menyimpan uang tunai bisa menjadi penyelamat. Berdiskusilah dengan keluarga  tentang seberapa banyak kamu harus menyimpan uang tunai selama kamu tidak bisa keluar rumah untuk ke ATM/bank.
 
11. Peralatan (Obeng, Baut, dll)
 
“Ini memberikan kamu banyak kebebasan untuk bisa beradaptasi dan memperbaiki berbagai hal dan menjadi mandiri jika tidak ada bantuan yang tersedia,” kata Jensen. Sebuah toolkit dasar dengan barang-barang seperti kunci pas, obeng, dan palu dapat membantu kamu membuat ‘perlawanan’ ketika kamu berada di rumah.
 
12. Salinan Dokumen Penting
 
Merupakan ide yang bagus untuk menyimpan salinan asli dari dokumen penting seperti surat kepemilikan rumah atau informasi asuransi, tetapi simpan juga cadangan. “Mengejutkan betapa pentingnya hal itu,” kata Jensen. Tinggalkan salinan cetak di tempat yang aman (jauh dari aslinya), atau simpan secara digital dalam file yang dilindungi kata sandi di cloud/email kamu.
 
13. Pertolongan Pertama
 
“Perlengkapan pertolongan pertama yang lengkap sangat penting,” kata Jensen. Beli sendiri, seperti kit 100 potong sesuatu, atau gabungkan milik kamu sendiri yang biasa kamu gunakan.
 
Palang Merah merekomendasikan untuk menyimpan perban, kompres es instan, tisu antiseptik, gunting, dan banyak lagi.
 
14. Barang Hanya Untuk Bersenang-senang
 
Ketika kamu terburu-buru mengepak tas untuk evakuasi, beberapa hal yang tidak penting sebenarnya bisa menjadi beberapa hal terbaik untuk kesehatan mental.
 
“Kita perlu menemukan cara untuk menghibur diri kita sendiri,” kata Jensen. "Tenang dan luangkan waktu untuk menyadari itu akan baik-baik saja."
 
Dia menyarankan untuk mengemas buku, boneka binatang favorit anak-anak, atau bermain kartu. Membiarkan diri sedikit rileks akan membantu menormalkan situasi dan mengalihkan pikiran dari stres.

Editor: Asep Dadan Muhanda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Tips Memilih Meja Makan Minimalis Agar Terasa Nyaman

Selasa, 30 November 2021 | 18:36 WIB

DPRD Kota Cirebon Minta SPBU Sediakan APAR

Minggu, 28 November 2021 | 05:10 WIB

DPRD dan Pemda Kota Cirebon Setujui Raperda APBD 2022

Selasa, 23 November 2021 | 19:34 WIB
X