DPRD Kota Cirebon Dorong Pemkot Cirebon Aktifkan lagi Kepesertaan PBI JKN Ribuan Warga

- Kamis, 11 November 2021 | 12:44 WIB
Ilustrasi UHC atau Cakupan Kesehatan Semesta sebagai program WHO di mana semua warga mendapat akses layanan kesehatan tanpa persoalan finansial. (Pixabay/qimono)
Ilustrasi UHC atau Cakupan Kesehatan Semesta sebagai program WHO di mana semua warga mendapat akses layanan kesehatan tanpa persoalan finansial. (Pixabay/qimono)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM- Komisi III DPRD Kota Cirebon mendorong lembaga eksekutif Kota Cirebon untuk menyelesaikan persoalan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) masyarakat.

Dorongan itu diberikan DPRD Kota Cirebon menyusul aturan terbaru oleh Kementerian Sosial (Kemensos) yang disampaikan melalui Surat Keputusan (SK) Mensos Nomor 79 Tahun 2021 tentang Penonaktifan dan Perubahan Data Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan dan Permensos Nomor 111 Tahun 2021 tentang PBI Jaminan Kesehatan.

Ketua Komisi III DPRD Kota Cirebon, Tresnawaty mengungkapkan, aturan itu telah membuat kepesertaan PBI JKN hampir 10.000 orang di Kota Cirebon menjadi non aktif.

"Aturan itu membuat sebanyak 5.651 orang dan 4.073 orang yang tercatat sebagai PBI JKN melalui APBN kepesertaannya dinonaktifkan. Ini bisa mengganggu Universal Health Coverage (UHC) sehingga UHC Kota Cirebon jadi berkurang," papar Tresnawaty.

UHC atau Cakupan Kesehatan Semesta sendiri adalah program yang memastikan masyarakat memiliki akses untuk mendapat pelayanan kesehatan, tanpa harus menghadapi kesulitan finansial.

Hal itu sejatinya ditunjang dengan pelayanan fasilitas kesehatan yang berkualitas.

UHC atau Cakupan Kesehatan Semesta merupakan program Badan Kesehatan Dunia atau WHO pada 2005.

Dari laman Kemenkes RI, untuk ini, Indonesia sudah mengambil langkah signifikan dengan menggunakan JKN, yang merupakan integrasi dari berbagai bentuk jaminan kesehatan yang telah diterapkan sebelumnya. 

Penonaktifan kepesertaan BPJS kelas III bagi PBI JKN itu dilakukan secara bertahap. Tresnawaty pun khawatir dengan penonaktifan hampir 10.000 masyarakat Kota Cirebon itu.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Tips Memilih Meja Makan Minimalis Agar Terasa Nyaman

Selasa, 30 November 2021 | 18:36 WIB

DPRD Kota Cirebon Minta SPBU Sediakan APAR

Minggu, 28 November 2021 | 05:10 WIB

DPRD dan Pemda Kota Cirebon Setujui Raperda APBD 2022

Selasa, 23 November 2021 | 19:34 WIB

Alasan Vaksinasi Anak Belum Dilaksanakan di Kota Cirebon

Selasa, 16 November 2021 | 17:16 WIB
X