Cara Dapat Vaksin Rabies Gratis di Kota Cirebon, Gampang banget!

- Rabu, 29 September 2021 | 16:06 WIB
Hewan peliharaan seperti kucing dan anjing disarankan disuntik vaksin rabies.  (Pexels/Snapwire)
Hewan peliharaan seperti kucing dan anjing disarankan disuntik vaksin rabies. (Pexels/Snapwire)

HARJAMUKTI, AYOCIREBON.COM- Kasus penggigitan oleh hewan di Kota Cirebon nyaris terjadi setiap tahun. Otoritas setempat mengajak warga, terutama pemilik hewan, memanfaatkan vaksin rabies gratis.

Vaksinasi hewan menjadi strategi jitu untuk mencegah rabies pada manusia. Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) mendata, vaksin rabies dapat mencegah penularan penyakit akibat virus di lebih dari 150 negara dan wilayah di dunia.

Kepala Seksi Peternakan Bidang Pertanian dan Peternakan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Cirebon atau DKP3 Kota Cirebon, Kukuh Gunatama meyakinkan, sampai kini belum ditemukan kasus rabies di Kota Cirebon.

"Tahun ini (kasus rabies di Kota Cirebon) negatif. Tahun lalu juga negatif, tapi kalau kasus penggigitan setiap tahun ada, itu pun negatif rabies," tuturnya kepada Ayocirebon.com, Rabu, 29 September 2021 seusai vaksinasi rabies gratis dalam rangka Hari Rabies Sedunia di Kelurahan Kecapi, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon.

Menurutnya, kesadaran masyarakat pemilik hewan untuk memberikan vaksin rabies pada hewan kesayangannya tergolong tinggi. Hal itu setidaknya terlihat dari animo masyarakat pada vaksinasi rabies gratis.

Namun begitu, masih ada pula pemilik hewan yang enggan memberikan vaksin rabies sebab khawatir vaksin justru membunuh hewan kesayangannya. Kukuh pun memastikan, suntikan anti rabies pada hewan sejatinya penting demi menjaga kesehatan hewan peliharaan.

Karenanya, DKP3 Kota Cirebon mengajak masyarakat veteriner untuk memberikan vaksin rabies pada hewan - hewan mereka. Kukuh mengingatkan, meski sudah disuntik vaksin rabies, seseorang yang digigit atau dicakar oleh hewan tersangka rabies tetap harus mendapat penanganan medis.

"Selain menjaga kesehatan hewan peliharaan, pemberian vaksin anti rabies pada hewan juga sebagai perlindungan pada manusia dari dampak gigitan hewan rabies. Suntikan anti rabies pada hewan juga bisa mencegah risiko kematian hingga 100% pada manusia," terang Kepala Seksi Peternakan DKP3 Kota Cirebon ini.

Lantas, bagaimana cara masyarakat beroleh vaksin rabies untuk hewan kesayangannya?

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hore, Waktu Tempuh Kereta Api Kini Lebih Cepat

Rabu, 29 September 2021 | 07:48 WIB
X