Uji Bakteriologi Burung Pipit yang Mati Mendadak Belum Rampung, Perlukah Balai Kota Cirebon Disterilisasi?

- Kamis, 16 September 2021 | 12:18 WIB
Seekor burung pipit. (Unsplash/Mathew Schwartz)
Seekor burung pipit. (Unsplash/Mathew Schwartz)

HARJAMUKTI, AYOCIREBON.COM- Uji bakteriologi atas burung pipit yang mati mendadak di Balai Kota Cirebon masih dilakukan. Pun faktor penyebab belum dapat diketahui pasti.

Uji bakteriologi dilakukan guna mendeteksi keberadaan bakteri dalam suatu objek, dalam hal ini burung pipit yang mati mendadak di Balai Kota Cirebon, untuk mendiagnosis kemungkinan penyakit akibat bakteri.

Kepala Bidang Pertanian dan Peternakan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan atau DKPPP Kota Cirebon, Iin Inayati mengungkapkan, pengujian atas sampel burung pipit yang mati mendadak di Balai Kota Cirebon masih dilakukan tim medik veteriner dari Pemprov Jawa Barat maupun Kementerian Pertanian RI.

"Untuk hasil laboratorium (sampel burung pipit yang mati mendadak di Balai Kota Cirebon) dari provinsi dan Kementan belum ada hasil resmi," ungkapnya Iin Inayati dari DKPPP Kota Cirebon saat dihubungi Ayocirebon.com, Kamis, 16 September 2021.

Namun begitu, tim medik veteriner DKPPP Kota Cirebon yang melakukan rapid test AI atau Avian Influenza (flu burung) atas bangkai burung pipit tersebut beroleh hasil negatif.

Dia pun meyakinkan, hasil uji PCR atas sampel burung pipit yang mati mendadak di Balai Kota Cirebon pada Selasa, 14 September 2021 itu negatif flu atau Avian Influenza (AI).

Selain negatif flu burung, burung pipit yang mati mendadak di Balai Kota Cirebon itu pun dipastikannya negatif tetelo atau Newcastle Disease (ND).

Hanya, dia menyebut, belum seluruh pemeriksaan rampung sebab pihaknya masih menanti hasil uji bakteriologi.

"Untuk PCR sudah ada hasil, yang belum keluar uji bakteriologi. Info yang kami terima, hasil PCR untuk AI / flu burung negatif, juga untuk tetelo / ND negatif," tuturnya.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hore, Waktu Tempuh Kereta Api Kini Lebih Cepat

Rabu, 29 September 2021 | 07:48 WIB
X